membuat toko online dengan oscommerce

Tutorial instalasi osCommerce
Untuk berdiskusi dengan sesama programer dan peminat PHP, bergabunglah dengan milis id-php, milis PHP Indonesia paling aktif sejak 2002. Untuk subscribe, kunjungi halaman web milis atau kirimkan email kosong ke id-php-subscribe@yahoogroups.com.
Jika Anda lebih suka forum diskusi berbasis web, kunjungi Forum PHP Masterweb.

osCommerce adalah program opensource e-commerce(perdagangan online) yang digunakan untuk mengelola perbelanja online berbasis web. Oscommerce ini dapat digunakan di berbagai web server yang sudah terinstall PHP dan database MYSQL.
Oscommerce ini digunakan secara bebas dibawah lisensi GNU General Public Lisence. Oscommere adalah solusi bagi anda yang berguna untuk membangun usaha bisnis perdagangan dari skala kecil sampai skala besar secara online.
Catatan: Jika Anda menggunakan server dengan control panel cPanel/WHM, maka Anda dapat menggunakan Fantastico untuk melakukan instalasi dengan lebih mudah. Petunjuknya bisa dilihat di sini: Tutorial instalasi osCommerce (Fantastico).
Daftar isi
• 1 Persiapan awal install oscommerce
o 1.1 Mempersiapkan database
• 2 Troubleshoting
o 2.1 Saya menggunakan OSCOMMERCE dan setiap ingin mengkonfigurasi selalu gagal dan muncul pesan Forbidden

Persiapan awal install oscommerce
Download Oscommerce Silahkan anda download program oscommerce yang ada di URL http://www.oscommerce.com/solutions/downloads
Setelah anda download anda taruh file .zip nya di document root account hosting anda di folder /sites/namadomainanda/www/, lalu anda extract file tersebut di spanel
Mempersiapkan database
Sebelum memulai instalasi oscommerce, terlebih dahulu Anda mempersiapkan nama database baru yang akan digunakan. Berikut langkah-langkahnya:
1. dari menu utama SPANEL, pilih menu MySQL
2. pilih Add database, lalu tentukan db_username, db_name beserta db_password
3. klik Add
Oscommerce ini membutuhkan gd dan curl, jadi perlu anda aktifkan, caranya anda ke spanel kami, lalu ke subdomain manager, klik Prefs, lalu klik Create file php.ini, tambahkan perintah :
extension=gd.so
extension=curl.so
persiapan instalasi selanjutnya adalah memberikan file permission untuk file configure.php yang ada di folder /includes dan /admin/includes dengan chmod 777 .
Langkah 1 Pada langkah instalasi pertama adalah setting database, masukkan isian Database Server adalah localhost , lalu untuk username dan password adalah username dan password yang anda buat di spanel kami sebelumnya.
Langkah 2 Pada langkah instalasi yang kedua, adalah tentang Web Server, isikan WWW Address dan Webserver Root Directory jika sesuai dengan keinginan anda, jika sebagai default anda langsung klik continue untuk melanjutkan ke langkah 3.
Langkah 3 Pada langkah ke 3 adalah "Online Store Settings", anda isikan nama usaha dagang anda(Store Name), pemilik usaha dagang(Store Owner Name), email pemilik usaha dagang (Store Owner E-Mail Address), username administrator dan password administrator. Setelah anda isikan, anda klik continue untuk melanjutkan ke langkah 4.
Langkah 4 Pada langkah ke 4 adalah Finished(selesai), anda bisa langsung klik catalog jika anda ingin melihat hasil katalog awal instalasi, atau klik Administration Tools jika anda ingin melanjutkan untuk mengelola tampilan, mengelola katalog, kategori, metode pembayaran dan lain sebagainya.
Troubleshoting
Saya menggunakan OSCOMMERCE dan setiap ingin mengkonfigurasi selalu gagal dan muncul pesan Forbidden
Forbidden

You don't have permission to access /admin/configuration.php on this server.
Solusi:
pada file .htaccess didalam direktori admin, tambahkan baris:

Order deny,allow
Allow from All

1 komentar:

  1. Unknown mengatakan...

    Sekarang hasilnya gimana?  


 

Original Blogger Template | Modified by Animart